Pemuda dalam Dekapan Youlead

youleadmin June 12, 2019 at 17:11

Pemuda sudah seyogyanya meningkatkan kapasitas diri baik dimensi keagaaman, kompetensi, dan social awareness. Bulan Ramadhan kali ini sangat spesial tidak hanya menyambut syahru ibadah dengan segala persiapannnya,  penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara di 11 wilayah yang tersebar di penjuru nusantara disibukan dengan kegiatan penerimaan calon penggerak Indonesia di masa yang akan datang. Pemuda harapan bangsa berikrar untuk meningkatkan kapabilitas bersama program pembinaan Young leader (YOULEAD).  Program pembinaan yang digagas dengan konsep kontinuitas manfaat ini menjadi Stimulus idealisme pemuda agar senantiasa terjaga semangat juang dalam menghadapi congkaknya dunia. Program pembinaan karakter kepemudaaan menjadi sangat penting mengingat pergaulan dan tantangan dunia di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian khususnya dimensi moral. Norma-norma kemasyarakatan mulai menunjukan pergeseran, Moral tidak lagi menjadi bagian utama yang digaungkan dalam pendidikan. Dunia seakan hanya melihat sebongkah emas yang disebut “intelegensi dan kompetensi” tanpa mengindahkan hal yang sebenarnya paling penting sebelum berbicara mengenai itu, kita perlu tahu bahwa dibalik kemuliaan emas terdapat instrumen penting yang menjadikan emas menjadi berharga yaitu proses panjang pemurnian.

Di masa yang akan datang, sebagai insan cendekia pemuda harus memiliki profil integritas tinggi dan pandai melihat peluang strategis untuk menebarkan kemaslahatan. Tidak patut pemuda atau mahasiswa hanyut dalam pusaran opini-opini publik yang kebenarannya belum dapat di pastikan, jangan sampai idealisme dan karakter analytic digembosi oleh hal-hal yang tidak substansial. Mahasiswa yang tidak menjaga integritas dan lupa siapa yang patut diperjuangkan dalam ruang kontribusinya patut dipertanyakan 144 SKSnya.

Integritas dalam hidup berbangsa dan bernegara menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Integritas menjadi poin utama yang musti di diperhatikan guna mewujudkan negara yang bebas dari penindasan, bahasa kebohongan, dan ketidakadilan. Rekan-rekan, Indonesia didirikan dengan nyala api kemerdekaan dengan mimpi mewujudkan masyarakat yang damai, adil dan makmur, namun saat ini belum teralisasi secara menyeluruh. Kesenjangan  terjadi diberbagai dimensi kehidupan, ruang kontribusi pemuda tidak difasilitasi secara sempurna. Permasalahan semakin kompleks, lebih-lebih karakter bangsa dan rasa kemanusiaan semakin terkikis oleh maraknya perkembangan teknologi, bangsa ini memimpikan sosok Herumukti dengan senjata trisula, tombak tajam bermata tiga yakni kebenaran, keadilan dan kejujuran.

Permasalahan bangsa sekarang dan masa yang akan datang memerlukan peran semua stakehoulder terkhusus pemuda. Youlead menawarkan gagasan yang sangat menjanjikan untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. Program pembinaan jangka panjang Youlead akan memberikan kontibusi dalam pembentukan karakter pemuda tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin berbudi pekerti luhur dengan integritas dan strategis sebagai ciri khas yang melekat di dadanya, sehingga mimpi menjadikan Indonesia berdaya di masa yang akan dapat segera direngkuh. Youlead mengambil peran dalam proses kaderisasi pemuda yang menjadi sangat sentral dan strategis untuk dilakukan, mengingat tampuk kekuasaan di masa yang akan datang ada di tangan mereka. Sejarah telah membuktikan idealisme dan nyala api semangat pemuda telah mengukir kisah membentuk satu Indonesia. Tak lepas dari ingatan kita, Indonesia memiliki tokoh pemuda yang sangat berjaya pada masanya mereka berhasil menggaungkan semangat kepemudaan di usia keemasanya. Pemuda sudah seharusnya menjaga api semangat agar tetap menyala melawan gelap, memastikan idealisme terpatri dalam hatinya agar semangat juang membangun harapan-harapan tak pernah surut. Semangat dan selamat memupuk kebaikan agar kelak dapat menuai manisnya kehidupan.

 

Oleh : Wigin Aji Pratama (Koordinator Youlead Bogor)