Kontribusi Adalah Wujud Syukur

admin August 24, 2019 at 13:28

Kontribusi Adalah Wujud Syukur

“Kontribusi pada masyarakat adalah salah satu cara kita bersyukur, berterima kasih pada Allah subhanahu wata’ala atas setiap kesempatan yang membawa kita sampai pada titik ini,” demikian ungkap Aditya Nurullahi Purnama, Penerima Manfaat Bakti Nusa Semarang Angkatan 8.
Pernyataan itu Adit sampaikan di hadapan 163 juniornya penerima manfaat YOULEAD. Adit didapuk menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Regional Leadership Training yang dilaksanakan di Solo pada (24/8). YOULEAD sendiri merupakan program pembinaan kepemimpinan bagi para aktivis kampus yang baru saja masuk kuliah.
Adit juga menjelaskan bahwa sebagai aktivis haruslah bisa menjadi agen perubahan, yaitu agen dengan tindakan nyata yang berdampak secara langsung pada masyarakat. “Ini berbicara tentang pengakuan,” tegas Adit, “kontribusi ini harus benar-benar diakui dan masuk ke dalam masyarakat itu sendiri, bukan hanya di permukaan saja.”
Pada kegiatan tersebut, para penerima manfaat YOULEAD diberikan tugas untuk menjalankan social project atau proyek sosial kemasyarakatan. Tak lupa Adit pun berpesan pada adik-adik tingkatnya untuk melakukan analisis sosial terlebih dahulu sebelum dapat masuk ke dalam lingkungan masyarakat.
“Beberapa tips untuk dapat masuk dan diakui oleh suatu lingkungan masyarakat, antara lain, libatkan masyarakat dalam kegiatan, aktif di lembaga-lembaga sosial masyarakat, dan tak lupa meminta dukungan serta peran serta masyarakat dalam mewujudkan social project tersebut,” pungkas Adit.