Bagaimana Memanfaatkan Waktu dengan Baik? Cari Tahu di Sini!

admin October 19, 2019 at 0:15

Bagaimana Memanfaatkan Waktu dengan Baik? Cari Tahu di Sini!

Oleh: Yuli Widiyatmoko

“Time is money”

Begitulah pepatah yang seringkali kita dengar atau baca sejak kecil. Sebuah prinsip yang menunjukan bahwa disaat kita tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik maka kita akan kehilangan uang atau keuntungan.

“Namun, bagi seorang muslim waktu bukan hanya sekadar uang melainkan waktu adalah kehidupan.”

Lalu muncul suatu pertanyaan, bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik?

Terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan guna mengelola waktu yang kita miliki dengan baik. Hal tersebut dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Catat semua kegiatan rutinmu

Mencatat kegiatan-kegiatan rutin seperti jadwal kuliah, jadwal rapat organisasi, jadwal kursus, jadwal kajian, dan sebagainya yang bersifat rutin sangat penting untuk dilakukan karena itulah yang senantiasa kita jalani secara berulang setiap harinya. Pencatatan kegiatan ini akan memudahkan guna mengetahui seberapa banyak waktu yang kita habiskan dalam menjalani kegiatan rutin tersebut. Pencatatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan time line berupa papan tulis, kertas karton, atau dapat juga menggunakan google calender dan diatur sebagai jadwal rutin.

  1. Catat kegiatan tentatifmu

Kegiatan tentatif seperti keikutsertaan dalam seminar, agenda ke suatu tempat, dan lain sebagainya sangat penting untuk dicatat. Kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti google keep, google calender, ataupun memo untuk mencatat itu semua. Selain itu, bagi yang memiliki buku agenda khusus dapat juga dicatat di dalamnya. Pencatatan kegiatan tentatif sangat penting guna menghindari adanya jadwal yang bersamaan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya.

  1. Pasang alarm atau reminder dalam setiap agenda

Memasang pengingat suatu agenda yang akan diikuti sangat membantu dalam mengingatkan para milenial dalam memanajemen waktu. Kita dapat melakukan ini dengan bantuan google calender dengan memasang alarm pengingat 30 menit sebelum kegiatan, atau bahkan 1 jam sebelum kegiatan. Hal ini dapat menghindari adanya kemungkinan kita lupa dengan agenda yang akan diikuti.

  1. Ikuti kegiatan yang sesuai dengan fokus hidupmu (Skala Prioritas) 

Banyak kegiatan yang positif di sekitar kita. Namun apakah semuanya harus kita ikuti? Jawabannya tentu tidak. Kita harus selektif dalam memilih kegiatan yang akan kita jalani. Cukup kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan arah tujuan hidup kita saja yang wajib kita ikuti, seperti kegiatan yang dapat meningkatkan soft maupun hard skill, kegiatan diskusi ilmiah, kegiatan kajian agama, kegiatan sosial masyarakat, dan masih banyak lagi. Selebihnya, jika masih memiliki waktu luang kita dapat mengikuti kegiatan positif lainnya yang tidak terlalu linear dengan tujuan hidup kita.

  1. Jangan lupa istirahat

Istirahat. Satu kata yang terkadang dilupakan oleh para milenial ketika sedang sangat semangat mengikuti suatu kegiatan. Tubuh kita sangat membutuhkan waktu khusus untuk istirahat. Setiap orang memiliki porsi istirahat yang berbeda disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Tidur yang berkualitas akan sangat membantu mengembalikan performa anda menghadapi berbagai kegiatan di esok hari.

So, sudah saatnya para milenial menjadi pribadi yang cerdas dalam memanajemen waktunya. Manajemen waktu yang baik, menuju pribadi yang lebih baik, guna menyongsong Indonesia yang jauh lebih baik.