Saatnya Pemuda Berkontribusi Berkelanjutan

admin December 21, 2019 at 12:49

Saatnya Pemuda Berkontribusi Berkelanjutan

 

 

Semarang – Sebagai calon pemangku kebijakan di Indonesia, pemuda memiliki banyak tuntutan salah satunya mampu bersinergi dan berkontribusi di masyarakat melalui gerakan sosial kemasyarakatan.

 

 

 

 

Di depan seratus penerima manfaat terpiih YOULEAD dari 81 kampus di Indonesia, Udhi Tri Kurniawan, GM Ekonomi Dompet Dhuafa Filantropi, memberikan insight baru agar pemuda bisa membuat gerakan terbaik di masyarakat. “Gerakan yang nantinya pemuda inisiasi harus borderless sehingga banyak orang bisa terlibat, tak ada batas tak ada sekat,” kata Udhi membuka Inspiring Leader Talk di Hotel Candi Indah, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (21/12).

 

 

Menurut Udhi konsistensi diperlukan ketika membuat sebuah gerakan agar lebih tertata dan memiliki konsistensi yang baik. “Persoalan mendasar ketika membuat sebuah gerakan adalah kurangnya menentukan prioritas penanganan dalam memandang sesuatu. Oleh karena itu sebelum membuat sebuah gerakan perlu mengenal logic mind supaya mudah menemukan persoalan, mengidentifikasi strategi permasalahan, dan mengindentifikasi keseluruhan elemen program,” ungkap Udhi.

 

 

 

Membuat gerakan berarti berbicara tentang kontribusi, Udhi menambahkan kalau kontribusi terbaik lahir dari sistematika berpikir, kualitas dan inovasi, berdasarkan data, dan antusiasme melibatkan banyak orang.  “Kontribusi itu susah susah mudah, tapi penting diketahui jika  pemuda harus memiliki kepekaan insting dalam menghadapi dinamika eksternal di luar data. Kontribusi kita mesti berdampak dan berkesinambungan,” tegasnya.