Orientasi Iklim Elite Politik

admin March 22, 2020 at 0:53

Pada umumnya sumber daya yang berkaitan dengan nilai primordial sulit untuk lepas dari isu etnisitas terutama di masyarakat sedang berkembang yang memiliki keberagaman etnis. Apabila pengertian etnis merujuk pada kumpulan orang, dan pemaknaan etnisitas mengacu pada konsep relasional yang mendasarkan pada pengkategorian kumpulan orang yang membentuk dan dibentuk kolektivitas; maka sumber daya yang berwujud etnisitas terejawantahkan dalam bentuk jalinan relasional antar kelompok orang yang didasarkan pada persamaan di antara mereka. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai kepentingan yang sama dan solidaritas yang kuat karena dilandasi asal usul dan keturunan yang sama  Atau dengan perkataan lain mereka disatukan dalam ikatan primodial.

ikatan primodial ini terus dieksplotasi oleh beberapa kalangan elit lokal yang berpikiran sangat pragmatis tanpa mengindahkan implikasi akibat selanjutnya. Beberapa bentrokkan dari mulai pertengkaran karena beda pilihan politik hingga konflik suku menjadi ancaman yang kian serius seiring dengan perkembangan teknologi khususnya media sosial.

berdasarkan berbagai catatan sejarah terkait konflik kepentingan elit dan eksploitasi SARA yang dilakukan elit setiap kali menghadapi pemilu, saya secara pribadi ingin membentuk peradaban dan iklim elit yang berorientasi dengan pendekatan-pendekatan ilmiah,nilai obyektivitas yang tinggi serta pencerdasan seluruh elemen masyrakat guna kemajuan daerah melalui pemikiran masyrakatnya.