BENTUK PROGRAM

YOULEAD Camp

Orientasi program bagi seluruh penerima manfaat YouLead yang baru tergabung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di seluruh wilayah youlead. Bentuk kegiatan dalam Youlead Camp meliputi: training, seminar, dan tim building.

Tujuan dari Youlead Camp adalah megukuhkan calon penerima manfaat Youlead yang lolos seleksi sebagai penerima manfaat Youlead, memahamkan konsekuensi akad, menguatkan profil integritas pada penerima manfaat, menguatkan wawasan kebangsaan dan kepemimpinan, dan membangun soliditas dan kolaborasi penerima manfaat YouLead di setiap wilayah.

Target dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Penerima manfaat memahami desain program dan konsekuensi akad
2. Profil integritas dan wawsan kebangsaan dan kepemimpinan penerima manfaat meningkat
3. Terbangun soliditas dan kolaborasi penerima manfaat disetiap wilayah

 

Mentoring

Adalah proses pembinaan yang dilakukan oleh penerima manfaat Bakti Nusa kepada PM YOULEAD dalam aspek aspek perencanan hidup, spiritual, akademik, sosial dan organisasi. Tujuan dari proses mentoring adalah untuk menguatkan aspek akidah, ibadah, adab dan amanah, memastikan tercapainya tujuan program dan profil pemimpin strategis berintegritas.

Mentoring memiliki kedudukan yang sangat penting dalam perangkat program, karena melalui perangkat ini dapat diketahui secara pasti perkembangan kepemimpinan setiap penerima manfaat YOULEAD.

Mentoring dilaksanakan sekurang-kurangnya sekali dalam satu bulan oleh PM BAKTI NUSA kepada PM YOULEAD. Materi mentoring minimal sesuai dengan Kurikulum yang ada. Adapun susunan agenda mentoring disesuaikan dengan kebutuhan PM dengan tetap memperhatikan aspek perencanan hidup, spiritual, akademik, sosial dan organisasi PM YOULEAD.

 

Inspiration Class

Inspiration Class adalah kegiatan berbagi inspirasi dengan materi tertentu antara penerima manfaat BAKTI NUSA dengan penerima manfaat Youlead disetiap wilayah program. Materi yang dibawakan dalam kegiatan ini disesuaikan dengan minat dan kapasitas keilmuan yang dimiliki oleh penerima manfaat BAKTI NUSA.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan aspek visioner dan produktivitas pada penerima manfaat Youlead, dan sekaligus sebagai sarana kolaborasi antara penerima manfaat YOULEAD dan BAKTI NUSA.

 

Leadership Sharing

Leadership sharing adalah ruang berbagi inspirasi diantara penerima manfaat YOULEAD melalui media online (group WA/ sejenisnya). Kegiatan ini juga dapat melibatkan manajer wilayah BAKTI NUSA, penerima manfaat BAKTI NUSA, maupun undangan. Adapun teknis pelaksanaan leadership sharing disepakati oleh penerima manfaat di satu wilayah YOULEAD.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengakrabkan diantara penerima manfaat YOULEAD di satu wilayah, meningkatkan kapasitas kepemimpinan, dan sekaligus membangun kolaborasi produktif diantara penerima manfaat YOULEAD satu wilayah.

 

Regional Leadership Training (RLT)

RLT adalah pelatihan yang dilaksanakan dalam skala regional yang diikuti oleh semua penerima manfaat setiap regional. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di 3 regional.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan profil integritas terutama aspek amanah pada penerima manfaat YOULEAD, membangun kolaborasi dan soliditas penerima manfaat YouLead di setiap regional.

Target dari kegiatan ini adalah meningkatkan profil integritas penerima manfaat YOULEAD, membangun kolaborasi dan menguatkan soliditas penerima manfaat YOULEAD tiap regional.

RLT digelar secara estafet di masing-masing regional dalam kurun waktu bulan Agustus. Masing-masing regional mempersiapkan konsep pelatihan dengan menggunakan pendekatan kedaerahan dengan kurikulum yang telah ditentukan.

 

YouLead Competition

YouLead Competition adalah kompetisi nasional diberbagai bidang yang diselenggarakan setahun sekali bagi seluruh penerima manfaat YOULEAD.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan aspek produktivitas, kontribusi dan kolaborasi para penerima manfaat YOULEAD, serta menguatkan komunikasi program kepada publik.

Target dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Membangun iklim produktif PM YOULEAD
2. Ajang kolaborasi ide
3. Terkumpul ratusan ide dan gagasan kreatif dari penerima manfaat YOULEAD
4. Membentuk gagasan kolaboratif antar PM YOULEAD dengan Bakti Nusa

 

Jambore Kepemimpinan Nasional

Jambore Kepemimpinan Nasional adalah pertemuan nasional penerima manfaat Youlead selama 2 hari yang diselenggarakan setahun sekali yang diikuti oleh perwakilan setiap kelompok YOULEAD. Setiap Kelompok mendelegasikan 1 orang PM YOULEAD berdasarkan pencapaian IPK Program dan keaktifan dalam mengikuti perangkat pembinaan.

Adapun tujuan dari Jambore Kepemimpinan Nasional adalah sebagai sarana silaturrohim dan komunikasi nasional penerima manfaat Youlead, ajang musyawarah, sinergi dan kolaborasi diantara para penerima manfaat dalam merencanakan aktivitas kebaikan bagi masyarakat, dan sekaligus untuk menguatkan jaringan kepemimpinan nasional.

Target dari Jambore Kepemimpinan Nasional adalah sebagai berikut:
1. Adanya penguatan profil pemimpin integritas dan strategis bagi penerima manfaat YouLead
2. Terbentuk struktur dan rencana kerja tahunan penerima manfaat YouLead dalam wadah YouLeadClub
3. Terbangun komunikasi dan soliditas diantara para penerima manfaat YouLead