Cara Cerdas Habiskan Waktu Luang Ala Siswa SMK Bhakti Nugraha

fazar March 4, 2020 at 9:05

Cara Cerdas Habiskan Waktu Luang Ala Siswa SMK Bhakti Nugraha

 

Keceriaan tergambar di wajah anak-anak Tenjolaya, Kabupaten Bogor siang itu. Mereka asyik mengikuti instruksi dan gerakan kakak-kakak instruktur di Si Mobil Baca (Si MoBa). Lima orang kakak instruktur itu adalah siswa SMK di Pondok Pesantren Bhakti Nugraha yang sedang libur. Kelimanya memilih nongkrong sambil berbagi keceriaan bersama Si MoBa.

Fuidari, Siti Robiah, Rizka, Putri, dan Fahrurozi adalah siswa Kelas 11 jurusan Administrasi Perkantoran. Mereka dikenal aktif di sekolah sebagai pengurus OSIS. Ketika ditanya mengapa ikut meramaikan kegiatan bersama Si MoBa, jawaban mereka sungguh mengejutkan karena terselip tujuan mulia di sana.

“Waktu luang tak sepatutnya disia-siakan, apalagi kami punya waktu libur seminggu. Nggak ada KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) bukan berarti kami berhenti belajar, nah pas tahu Si MoBa mampir ke sini, kami putuskan ikut bergabung saja, supaya anak-anak di sini lebih melek literasi,” ungkap Fahrurozi yang di-aamiin-i oleh keempat rekannya.

Bersama Si MoBa, Fahrurozi dan teman-temannya dengan semangat dan antusias menghibur anak-anak di Tenjolaya. Mereka membacakan buku, mengajak bermain permainan edukatif, dan nonton film bersama. Anak-anak pun sangat senang dibuatnya.

Si MoBa sendiri merupakan program Dompet Dhuafa Pendidikan (DD Pendidikan) yang bertujuan memberikan akses terhadap buku dan media pembelajaran berkualitas kepada anak-anak di daerah marginal. Tidak hanya membawa buku, namun pada setiap kunjungannya Si MoBa juga membawa program aktivasi yang menarik, seperti yang dilakukan Fahrurozi dan teman-temannya di atas.

Si MoBa memang menjadi salah satu kanal bagi masyarakat yang ingin memberi kontribusi mereka dalam bidang pendidikan. Sebelum para siswa dari SMK Bhakti Nugraha, telah ada beberapa relawan yang menghabiskan liburannya dengan produktif bersama Si MoBa. DD Pendidikan sedang membuka kesempatan untuk itu dengan tagar #AkuKamuBisa di media sosial.

“Saat ini kami memiliki gerakan bernama Eduaction yang mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan. Kami sudah siapkan beberapa kanal kontribusi ini, ada Si MoBa, ada Kuliah Tak Gentar. Si MoBa berupa Mobil Baca keliling, sedangkan Kuliah Tak Gentar adalah pemberian motivasi untuk kuliah bagi siswa Kelas 12 SMA di seluruh Indonesia,” papar Akhie Ramadhan, Markom DD Pendidikan.

 

Dirinya juga menjelaskan bagi masyarakat yang ingin ikut bergabung dapat menghubungi 0812 8833 8840 (Marketing Komunikasi) atau mengunjungi akun media sosial resmi DD Pendidikan @dd_pendidikan.

Aksi para siswa SMK Bhakti Nugraha di atas menjadi bukti bahwa kepedulian tak kenal usia. Siapa saja bisa memberikan kontribusi sesuai kemampuannya. Maka tunggu apalagi, mari berikan kontribusi terbaik untuk paragenerasi penerus negeri. Anak SMK saja bisa, masa kita nggak?! Saatnya Aku Kamu Aksi!