Si Mobil Baca dan Kegiigihannya Atasi Rendahya Literasi

admin March 8, 2021 at 16:29

Meskipun saat ini kemampuan berliterasi masyarakat Indonesia masih di bawah rata-rata dan kemampuan membacanya hanya mampu bertengger di angka 30 persen saja*, bukan berarti kita hanya berdiam diri.

 

Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Jaringan Sekolah Indonesia (JSI), program yang peduli akan kualitas pendidikan Indonesia menginisasi program Si Mobil Baca (Si MoBa).

 

Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang dihadirkan karena keterbatasan masyarakat dalam menjangkau serta mendapatkan aksesibilitas terhadap perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI. Si MoBa telah berkeliling di beberapa titi di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan menyasar sekolah dan masyarakat daerah marginal.

 

Si MoBa bukan sekadar perpustakaan keliling semata, melainkan pengimplementasian sisi lain literasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, melalui program pemberdayaan dan sarana penyembuhan trauma (trauma healing) atas masalah apapun yang sedang dihadapi masyarakat.

 

Si MoBa menjadi jawaban mengatasi rendahnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia dengan menyediakan wadah serta sarana pendidikan menyenangkan, wahana edukasi serta rekreasi berbasis literasi, dan wahana belajar untuk meningkatkan kemampuan diri dan minat baca masyarakat,

 

Terus dukung para Pejuang Pendidikan meningkatkan budaya literasi ke berbagai pelosok nusantara.

 

Kirimkan donasi terbaikmu melalui

2881288126

BNI Syariah Dompet Dhuafa Republika

(Sertakan kode 19 di belakang nominal donasi)

Misalnya 100.019

 

 

*Berdasarkan hasil skor Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis The Organisation flor Economic Cooperation and Development (OECD). Menurut skor tersebut, saat ini, kemampuan berliterasi masyarakat Indonesia (khususnya pelajar) berada  di bawah rata-rata), dengan skor 371 dari 487.